Pages

Saturday, April 23, 2011

Tanda Tanya Tanda Seru

Tanda tanya. Film yang saya sama keluarga tonton di hari minggu di BSM. Pulang dr BSM kita makan di soeharti. Satu2nya tempat yang gaakan saya bawa temen saya buat traktir *ngapain jg gaada kerjaan nraktir org. Ahh ajegile mahal pisanlah. Bujengbujeng kanggo tuang di restoran, beas ge sesah. Tuh saya nyapruk lg. Sebenernya saya mau cerita isi filmnya. Here we go...

Jihad, kehancuran agama, kapal, toleransi dan islam yang radikal. Kata-kata itu yang saya inget buat saya jdiin tulisan nantinya cause I've been thinkin' 'bout that before. Saya ceritain satusatu.

Jihad. Lah kadang saya kesel juga ko masih ada orang yang mengatasnamakan jihad atas segala sesuatunya. Terutama sama penganut islam yang rdikal. Saya sendiri pengnut agama islam 100% tapi insya allah saya gamau radikal. Jihad itu apa? Berjuang di jalan Allah. Yang mungkin semua orang tau. Tapi ko bentuk jihad itu ko masih banyak diperdebatkan?

Kalo menurut saya sih jihad itu bukan memusnahkan apa yang diluar jalan Allah kaya pengboman atau pemberantasn orang kafir. Semu orang punya aqidah sendiri. Keyakinan sendiri. Saya sendiri pernah belajar tentang budha dan kristen yang belum saya pelajari jelas bedanya katolik dg protestan. Kaya yang surah yunus bilang kalau manusia itu dulunya stu umat trs berselisih. Itulah kenapa ada agama lain walupun saya yakin islam itu agama yang paling tua. Intinya sih semua agama itu mengajarkan kepada kebaikan dan menentang kepada keburukan kaya yang surah ali imran bilang. Dan prosesnya tergntung. Itu masuknya ke qiedah masing-masing.

Aduh nyapruk lgi dah. Yah kalo menurut saya jihad itu mengeksistensikan diri dengan sesuatu yang baik. Yah misalnya orang islam yang kerja ngamanin keadaan gereja dari teroris kaya yang film tanda tanya bilang itu termasuk jihad menurut saya wlupun kita kesannya kaya yang melindungi kum kafir dari umat kita sendiri. Yah yng lainnya balik lagi sama aqiedah sendiri.

Kehancuran agama. Salah satu pastur di film tanda tanya itu bilang kalau kehancuran agama karena adanya kebodohan umatnya. Yah itu juga yang diajarin dalam agama islam namun dengan pengertian berbeda yang intinya sama sih kata saya mah. Umat budha juga belajar hal yang sama. Itu yang saya baca di bukunya si cacing. Saya lupa lagi penulisnya siapa. Yah intinya mah tiap agama itu mempelajari hal yang sama. Ngapain harus ada perdebatan. Kata saya sih yang bikin ruwet itu FPI. *frontal nih. Apa-apa di blokir. Sampe isunya mau ngeblokir republika yang sponsor utama dari film yang dikecam FPI ini. Aduh yah mba, mas, jangan terlalu radikal sama argumen. Saya tau itu aqidah tapi coba aja menjadikan msukan atau argumen yang anda anda punya itu dengan musyawarah kaya yang di sabdakan rasul dan yang tertulis di al-qur'an. Toh sebenernya agama kita lebih tau. Kenap harus dengan kekerasan kaya pemboikotan ini itu, penggerebekan atau yang semacamnya yang malah menenggelamkn sisi kebaikan agama kita.

Kapal. Orang yang menikah itu bagaikan kapal. Yang satu mengarahkan dan yang stu mendayung. Memang gabisa dilakuin berbarengan tapi bisa kan bergantian? Petikan itu yang sy pelajari di film tanda tanya. Dan analogi itu bisa menganalogikan beribu argumen. Salah satunya agama itu. Kalo yang ga dipelajri di agama lain bis dong ditnyain ke agama lainnya. Yah intinya mah hayu ah kita der toleransi.

Harepan saya mah sih saya gaingin banyak penganut islam radikal itu berkeliaran, menjamur dan bertambah luas. Yah punten weh itu mh ke FPI. Saya memang ga ngikutin betul berita karena saya kurang suka nonton televisi tapi saya tau beberapa perilaku radikal yang dilakuin saudara sekalian. Yah kata islam juga semua itu bersaudara. Gausahlah ada pemboikotan, penggerebekan atau perampasan yang justru malah menenggelamkan sisi baik dari agama kita dan memunculkan sifat radikal itu sendiri yang ujung-ujungnya malah ada kontra sama agama lain. Sabilulungan yu ah

No comments:

Post a Comment